Ketua DPR Imbau Masyarakat Patuhi Lalu Lintas saat Arus Mudik Natal dan Tahun Baru

By Admin


nusakini.com - Ketua DPR RI Setya Novanto mengapresiasi antisipasi pemerintah untuk menghadapi arus mudik Natal dan Tahun Baru 2017. Ia pun juga menghimbau pada masyarakat untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas selama perjalanan mudik. Hal itu diungkapkan dalam keterangan tertulis, Jumat (23/12/2016).

“Saya mengapresiasi antisipasi yang telah dilakukan oleh berbagai kementerian terkait, khususnya kementerian perhubungan dan pihak kepolisian. Kementerian perhubungan dan aparat kepolisian telah melakukan skenario lalu lintas, demi kelancaran perjalanan masyarakat,” ujar Setnov, sapaan akrabnya.

Sebagaimana diketahui, puncak arus mudik natal dan tahun baru dimulai hari ini, Jum'at 23 Desember 2016. Seperti biasanya lonjakan angkutan umum dan pribadi akan signifikan, mulai kemarin dan puncaknya pada hari ini. Ruas tol yang biasa dilalui pengendara dipastikan padat. Demikian juga angkutan transportasi laut dan udara.

Data kementerian perhubungan melansir prediksi masyarakat yang akan melalui jalur data sebanyak 2.594.030 orang. Angkutan penyeberangan sebanyak 1.817.781 orang, angkutan kereta api 5.570.543 orang, angkutan laut 856.823 orang dan angkutan udara 7.113.456 orang.

“Saya mengimbau kepada saudara saudara kita pengguna jalan untuk bersabar dan mengikuti arahan petugas serta mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Ingat, keluarga besar dan sahabat menanti anda dikampung halaman atau tempat tujuan lainnya, sehingga keselamatan adalah hal utama yang harus diprioritaskan,” jelas Setnov.

Ketua Umum Partai Golkar tersebut juga meminta masyarakat untuk waspada terhadap potensi teror yang ada disekitar masyarakat saat perayaan Natal dan Tahun Baru, ia pun juga mendorong masyarakat untuk hidup dalam suasana harmoni antar sesama.

 “Saya meminta kepada masyarakat untuk tetap waspada dan saling mengingatkan. Potensi teror senantiasa ada di sekitar kita. Kita harus bersatu untuk mengamankan masyarakat kita dan menjalani aktivitas keseharian dengan penuh kebersamaan. Mari kita menutup segala celah bagi mereka yang hendak merusakan keberadaban hidup masyarakat dan suasana harmoni antar sesama,” jelasnya.

Setnov pun juga menjelaskan bahwa Natal dan Tahun Baru adalah momentum terbaik untuk saling menginstropeksi diri. “Natal dan Tahun Baru adalah momen terbaik untuk saling menginstopeksi diri tentang apa yang telah kita lakukan selama ini. Segala hal yang baik harus kita tingkatkan demi kemajuan masyarakat kita bersama,” tuturnya.

Menjelang Tahun Baru 2017, Ia pun juga berharap tahun depan akan menjadi lebih baik ketimbang tahun sebelumnya. Dirinya pun juga mendorong masyarakat dapat menimkati perayaan natal dan tahun baru dengan penuh suka cita bersama keluarga.

“Kita nikmati perayaan natal dan tahun baru ini dengan penuh suka cita, berkumpul besama sanak keluarga, berbagi kebahagiaan dan kesenangan. Sambil berharap dan berdoa semoga tahun depan kita akan menjalani hidup lebih baik, lebih sejahtera dan lebih bermanfaat,” tutup Setnov. (p/mk)